Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keuntungan Investasi Jangka Panjang

Dalam dunia investasi jika ada risikonya tentu ada juga keuntungannya, hal ini akan kamu alami jika melakukan investasi dalam jangka panjang. Oleh karenanya investasi jangka panjang menjadi pilihan banyak orang untuk kebutuhan yang besar pada masa yang akan datang. Periode investasi jangka panjang juga cocok untuk orang yang sebagian waktunya untuk bekerja untuk mendapatkan active income.


Ini karena biasannya instrumen investasi untuk jangka panjang risikonya tidak terlalu besar lantaran pengelolaanya dan fundamentalnya bagus. Misalnya seperti investasi emas, reksadana maupun saham blue chip. Berikut ini adalah keuntungan dari investasi jangka panjang.


1. Passive Income

Seperti yang kita ketahui bahwa setiap orang mempunyai active income namun tidak dengan passive income. Indonesia yang sebagai negara berkembang tidak dapat dipungkiri masih tertinggal dengan negara maju, salah satu faktornya adalah belum banyak masyarakatnya yang berpartisipasi dalam dunia investasi.


Investasi jangka panjang ini berguna untuk passive income dalam penghasilan tambahan. Sehingga, selain dari gaji atau keuntungan usaha, kamu dapat memperoleh pemasukan tambahan dari dana investasi yang telah kamu kumpulkan selama ini. Sebaiknya kamu menjadikan investasi ini sebagai habitat, agar investasimu kian meningkat serta bisa memenuhi tujuan finansialmu.


2. Meningkatkan Nilai Aset Dalam Menghadapi Inflasi

Inflasi menjadi salah satu permasalahan utama bagi kebanyakan orang jika tidak melakukan investasi pada instrumen yang tepat. Sebab kamu harus memilih instrumen yang imbal hasilnya lebih tinggi dari persentase inflasi yang terjadi pada setiap tahunnya.


Karena jika tidak kamu lakukan, tentu percuma kamu mengumpulkan dana begitu banyak lataran nilainya akan tersus tergerus dengan adanya inflasi. Untuk itu daripada uangmu hanya menjadi dana pasif di tabungan, alangkah baiknya menginvestasikannya ke instrumen investasi yang mempunyai potensi memberikan imbal hasil besar di jangka waktu yang panjang.


3. Financial Freedom

Tentunya siapa yang tidak ingin mencapai financial freedom. Pertama apa yang dimaksud financial freedom? Financial freedom merupakan kondisi dimana kamu dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari dari passive income tanpa harus bekerja. Sehinggai tanpa bekerja sekalipun kebutuhan kamu akan tercukupi dari imbal hasil investasi, misalnya dari dividen atau bunga bank.


Kondisi ini dapat kamu capai dalam jangka waktu pendek maupun panjang. Namun biasanya membutuhkan periode waktu yang cukup lama untuk mencapai kondisi ini. Maka dari itu ada baiknya kamu harus mengerti efek compounding yang dapat kamu gunakan dalam melipatgandakan asetmu. Semakin panjang periodenya tentu akan semakin besar juga efek compounding yang akan kamu dapatkan.


4. Dana Pensiun

Dana pensiun menjadi salah satu impian banyak orang dalam menghadapi hari tua. Untuk kamu yang berprofesi sebagai PNS mungkin menganggap hari tua mu akan terjamin dengan uang pensiun yang ada nantinya. Tetapi apakah kamu pernah berpikir jika dana pensiun yang besarannya tidak sebesar gaji apakah akan dapat memenuhi segala kebutuhan di masa tua.


Terlebih jika bekerja di bidang swasta, mempunyai dana pensiun sudah menjadi hal wajib yang harus kamu persiapkan. Jangan berpikir akan selalu mengandalkan anak untuk memenuhi kebutuhan di hari tua nanti. Kita harus bisa menghentikan budaya sandwich generation yang telah terjadi selama ini.


Jika kita dapat memenuhi kebutuhan sendiri mengapa harus bergantung pada anak. Ini karena ketika anak dewasa nantinya pasti juga mempunyai kebutuhan sendiri untuk mencukupi kehidupannya sendiri beserta keluarganya.


Oleh karena itu investasi sedari dinibertujuan untuk mempersiapkan dana pensiun akan semakin lebih baik. Karena teman terbaik dari investasi adalah waktu, maka semakin lama kamu berinvestasi tentu akan semakin besar pula nilai asetmu sehingga mampu memenuhi kebutuhan di hari tua nanti.


Itulah pembahasan mengenai investasi jangka panjang dengan keuntungan yang dimilikinya. Semoga dapat menjadi bekal kamu dalam mengarungi dunia investasi sebagai tambahan literasi.