Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Merasa Kaya Tanpa Harus Menjadi Orang Kaya

Merasa Kaya Tanpa Harus Menjadi Orang Kaya

Bisakah kita merasa kaya tanpa harus menjadi kaya? Apakah memungkinkan bagi kita untuk tetap menikmati hidup, meskipun kita tidak memiliki banyak barang dan uang?

Apakah kita bisa merasa cukup dengan apa yang sudah kita miliki? Bisakah kita merasa puas dengan apa yang ada saat ini?

Memiliki banyak uang dan barang tidak otomatis membuat seseorang merasa kaya. Seringkali, orang yang punya banyak uang dan barang tidak pernah merasa cukup.

Mereka akan mencoba untuk mencari lebih banyak uang dan barang untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka.

Namun, hidup mereka tetap saja tidak terasa tenang. Hidup mereka disertai dengan rasa takut dan stres yang berlebihan.

Mereka juga tidak percaya pada orang-orang di sekitar mereka. Mereka takut kehilangan apa yang sudah mereka miliki.

Mereka takut tidak dianggap layak oleh orang-orang di sekitar mereka. Mereka juga stres karena merasa tidak punya cukup waktu untuk mengejar berbagai macam keinginan mereka.

Orang-orang seperti ini mungkin berhasil mengumpulkan berbagai macam harta berupa barang dan uang, tetapi semua itu mereka dapatkan bukan tanpa pengorbanan.

Ada waktu-waktu panjang yang harus mereka habiskan di kantor, ada waktu-waktu penting yang harus hilang dari hidup mereka, termasuk waktu-waktu bersama keluarga saat anak-anak masih kecil. Itu adalah waktu-waktu yang tidak bisa diulang lagi.


Kemudian, kesehatan pun mereka korbankan, baik secara fisik maupun mental. Jadi, muncul pertanyaan: bisakah kita merasa kaya tanpa harus menjadi kaya?

Apakah memungkinkan bagi kita untuk tetap menikmati hidup, meskipun kita tidak punya banyak barang atau uang?

Apakah kita bisa merasa cukup dengan apa yang sudah kita miliki? Bisakah kita merasa puas dengan apa yang saat ini sudah kita miliki?

Orang yang paling kaya adalah orang yang bisa menemukan kenikmatan dalam hidup, bahkan dalam hal-hal yang sederhana.

Orang yang paling kaya bukanlah orang yang punya banyak uang, tetapi orang yang puas dengan hidupnya.

Saat kita membiasakan diri untuk hidup mewah, misalnya makan di restoran mahal, tinggal di rumah besar sedangkan tinggal di rumah kecil terasa sesak dan menginginkan mobil mewah agar terlihat berkelas, kita sedang membuat standar tertentu dalam hidup kita. 

Jika standar itu tidak terpenuhi, kita akan merasa tidak nyaman dan merasa miskin.

Karena kita sudah terbiasa dengan standar seperti itu, makan di pinggir jalan pun bisa terasa tidak nikmat lagi.

Saat naik mobil dengan suspensi yang keras, dan ketika truk lewat di sebelah kita lalu kita merasa mobil ikut bergoyang, rasanya tidak nyaman lagi.

Kemudian, ketika sedang berlibur, jika harus naik kereta atau bus, atau menginap di hotel bintang 3 atau losmen, rasanya tidak asik.

Bukan berarti tidak boleh punya standar tertentu dalam hidup, boleh-boleh saja. Tapi jangan sampai kita hanya merasa nyaman ketika kondisi tertentu terpenuhi. Jika tidak terpenuhi, kita merasa tidak nyaman. Jangan sampai seperti itu juga.


Mungkin kamu bisa makan di restoran yang mahal, tapi sekali-sekali bolehlah makan juga di restoran yang murah, supaya kamu tahu bahwa di restoran yang murah pun banyak yang enak.

Nikmati momen ketika kita menunggu Abang penjual nasi goreng sedang memasak di pinggir jalan, dan kita duduk sambil menikmati nasi goreng..

Konsep "Moment of Truth" itu adalah saat ekspektasi bertemu dengan kenyataan. Jika ekspektasi kamu tinggi, tetapi kenyataannya rendah, kamu akan merasa kecewa.

Namun, jika ekspektasi kamu sama dan kenyataan, artinya kamu akan merasa puas. Tapi jika ekspektasi kamu rendah, tetapi kenyataannya tinggi, kamu akan merasa sangat bahagia.

Jadi, kalau kita membiasakan diri untuk punya ekspektasi yang rendah, kita akan lebih jarang merasa kecewa.

Merasa kaya itu sebenarnya tidak sulit, karena kebutuhan dasar manusia adalah sandang, pangan, dan papan; sisanya adalah bonus.

Kalau kita berhati-hati dengan bagian bonus ini, kita bisa mengatur ekspektasi kita. Jika ekspektasi kita tidak terlalu tinggi pada bagian bonus ini, kita sudah bisa merasa kaya.

Banyak hal sebenarnya bisa kita nikmati dalam hidup ini tanpa harus jadi kaya terlebih dahulu.

Keindahan alam di sekitar kita, berbagai jenis seni, makanan yang enak banyak loh makanan enak yang murah meriah.

Semakin rendah standar kenyamanan yang kita terapkan untuk diri kita dan keluarga kita, semakin mudah kita bisa menikmati hidup.

Jadi, bagaimana menurut kamu? Bisa nggak kita merasa kaya tanpa harus jadi kaya dulu?