Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Fakta Unik Tentang Uang yang Jarang Disadari Seseorang

Uang menjadi bagian penting dari hidup kita, tidak ada satu pun manusia yang rasanya bisa hidup tanpa uang. Menariknya, banyak orang kadang tidak benar-benar paham fakta di balik uang.

Pada artikel ini, kita akan membahas 5 fakta yang sangat menarik terkait dengan uang. Apa saja kelima fakta itu? Yuk, simak terus artikel ini sampai selesai.


Fakta Menarik Tentang Uang

1. Uang memang bukan segalanya, tapi segala sesuatu butuh uang

Fakta Menarik Tentang Uang
freepik.com

Apa pun yang ingin kita lakukan, semuanya berhubungan dengan uang karena uang menjadi alat tukar, alat yang kita gunakan untuk bertransaksi, untuk saling bertukar dan untuk mendapatkan sesuatu yang kita inginkan.

Karena tidak ada satu pun manusia yang bisa hidup sendiri dan memenuhi semua kebutuhannya sendiri, maka dalam proses pemenuhan kebutuhannya uang menjadi alat bantu penting untuk saling bertukar. Di titik ini, meskipun uang bukan segala-galanya, segala sesuatu butuh uang.

Ketika seseorang lapar, kita butuh makanan, dan untuk bisa mendapatkan makanan itu kita butuh uang sebagai alat tukarnya.

Uang bisa kita gunakan untuk membeli beras atau bahkan membeli makanan siap saji, anak kamu mau sekolah juga butuh uang. Ketika sakit dan pergi ke rumah sakit, kita butuh uang.

Apa pun coba kamu sebutkan, tidak ada satu pun yang bisa lepas dari uang. Meskipun memang uang bukan segalanya, satu fakta yang harus kita ingat "Segala sesuatu butuh uang".

2. Uang memang bukan hal yang terpenting, tetapi semua hal yang penting membutuhkan uang

Uang memang bukan hal yang terpenting, tetapi semua hal yang penting membutuhkan uang
freepik.com

Ketika ada seseorang yang mengatakan bahwa uang itu tidak penting, satu hal yang harus kita ketahui adalah di mana level finansial orang tersebut.

Jika dia berada pada level finansial yang sangat baik, tidak ada masalah, berkecukupan, bahkan lebih, artinya apa yang dia katakan adalah bentuk kebijaksanaan. 

Dia sedang ingin mengatakan kepada kita bahwa uang itu bukan hal terpenting, ada hal lain yang jauh lebih penting daripada uang.

Pernyataan ini memang benar, tetapi ketika ada seseorang yang mengatakan bahwa uang itu tidak penting, namun dari sisi finansial dia bermasalah, secara finansial hidupnya tidak baik-baik saja, artinya apa yang dia katakan itu adalah sebuah kemunafikan.

Dia tidak sedang menyampaikan sebuah kebijaksanaan, tetapi sebaliknya, sebuah keputusasaan. Faktanya, meskipun uang itu bukan hal terpenting tetapi semua hal penting di dunia ini butuh uang.

Coba kamu sebutkan hal penting apa yang ingin kamu dapatkan, semuanya butuh uang dan tidak ada satu pun yang bisa kita dapatkan tanpa uang.

Memang benar bahwa seseorang bisa mendapatkan sesuatu yang penting tanpa uang, namun ini karena pemberian atau bentuk lainnya, tetapi itu sangat jarang.

Sekolah itu penting; untuk sekolah, kita butuh uang. Cinta itu penting; untuk mendapatkan cinta, kita butuh uang. Keluarga itu penting; untuk menjaga keluarga, kita butuh uang.

Pakaian itu penting; untuk bisa membelinya, kita butuh uang. Rumah juga sama. Artinya, apa pun hal penting di dunia ini kita butuh uang untuk menjaga dan mendapatkannya.

Baca juga: 5 Sifat yang Bisa Membuat Uang Menjauh dari Kita

3. Uang bukan sumber utama kebahagiaan

Uang bukan sumber utama kebahagiaan
freepik.com

Fakta menarik tentang uang adalah bahwa uang bukan sumber utama kebahagiaan, namun ketika kita tidak punya uang, kita lebih dekat dengan penderitaan.

Ketika ada seseorang yang mengatakan bahwa uang tidak menjamin kita bisa bahagia, uang bukan satu-satunya sumber kebahagiaan, saya setuju dan memang itu benar.

Tetapi satu fakta lain yang harus kita ingat adalah bahwa ketika seseorang tidak mempunyai uang, dia lebih dekat dengan penderitaan.

Coba kamu bayangkan seorang ayah ketika anaknya sakit. Karena dia tidak punya uang, dia terpaksa tidak bisa membawa anaknya ke rumah sakit. Betapa menderitanya sang ayah dalam kondisi seperti itu.

Atau bayangkan seorang orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya, tapi karena tidak punya uang, akhirnya terpaksa anaknya putus sekolah.

Di titik ini, meskipun uang bukan sumber kebahagiaan, tetapi ketika kita tidak punya uang lebih dekat dengan penderitaan, betapa menderitanya seorang ayah yang tidak punya uang ketika anaknya sakit.

Betapa sedihnya seorang orang tua yang melihat anaknya terpaksa putus sekolah karena tidak punya uang. 

Betapa kecewanya seorang suami yang tidak bisa membawakan makanan untuk keluarganya karena tidak punya uang.

Di titik ini, meskipun uang bukan sumber kebahagiaan tetapi tidak mempunyai uang adalah sumber penderitaan.

4. Uang mengungkap identitas dan sifat asli seseorang

Uang mengungkap identitas dan sifat asli seseorang
freepik.com

Satu fakta unik lain terkait dengan uang adalah bahwa uang dapat mengungkap identitas dan sifat asli seseorang.

Jika kamu ingin benar-benar tahu apakah seseorang itu baik atau tidak, lihatlah bagaimana dia bersikap ketika berhubungan dengan uang.

Untuk mengetahui apakah dia jujur atau tidak, lihatlah bagaimana dia mengelola uang dalam jumlah besar, apakah dia dapat dipercaya atau tidak.

Untuk mengetahui apakah dia orang yang menjaga amanah atau tidak, lihatlah bagaimana sikapnya ketika dia tidak punya uang dan kemudian mendapatkan tawaran untuk melakukan sesuatu yang mungkin curang atau sejenisnya. Di titik ini, sifat asli seseorang akan terlihat.

Banyak orang tampaknya baik ketika tidak punya uang, mungkin karena mereka tidak memiliki kesempatan untuk melakukan kejahatan karena kurangnya sumber daya dan uang adalah sumber daya yang dapat mendukung seseorang untuk berbuat hal buruk.

Namun sebaliknya, orang yang tampak baik memiliki potensi menjadi jahat ketika berhubungan dengan uang. 

Orang yang selama ini setia memiliki potensi untuk selingkuh ketika dia punya banyak uang. 

Orang yang selama ini menentang korupsi memiliki potensi menjadi seorang koruptor ketika dia berada di posisi yang dekat dengan uang dan kekuasaan yang disalahgunakan.

Pendek kata, sifat asli seseorang akan benar-benar terlihat ketika dia berhubungan dengan uang. Semakin banyak uang yang dia pegang dan kelola, semakin jelas sifat aslinya.

Mungkin seseorang masih bisa bersikap benar ketika mendapat tawaran uang suap, misalnya 100.000, dan berpikir, "Tidak, ini tidak sebanding dengan dosa yang akan saya perbuat." Namun, situasinya bisa berbeda jika tawarannya 10 miliar, bahkan 100 miliar.

Pertanyaannya adalah, bisakah kita menolaknya? Di titik ini, fakta menarik dan sangat unik tentang uang adalah bahwa uang dapat mengungkap sifat asli seseorang.

5. Banyak uang bikin orang lupa

Banyak uang bikin orang lupa
freepik.com

Satu fakta unik lain yang mungkin cukup miris adalah bahwa banyak uang bisa membuat orang lupa, tetapi ketika kita tidak punya uang, kita akan dilupakan oleh banyak orang.

Ketika seseorang punya banyak uang mereka cenderung lupa diri, merasa paling hebat, merasa paling kaya, ingin membeli semuanya, dan kadang melakukan segala sesuatu seolah-olah rezeki mereka akan selamanya mengalir, seakan-akan apa yang mereka alami adalah sesuatu yang akan terus terjadi setiap harinya.

Lupa diri ketika punya banyak uang adalah hal yang cukup umum, banyak orang mengalaminya dan banyak yang terpeleset karena kondisi dan situasi ini.

Namun sebaliknya, orang-orang yang tidak punya uang sering dilupakan oleh orang lain. 

Ketika kamu punya banyak uang, mungkin teman-temanmu akan ingat padamu, dan orang-orang di sekitarmu akan datang. 

Tetapi ketika suatu saat kita tidak punya uang, bisa jadi mereka semua pergi dan meninggalkan kita, mereka melupakan kita.

Ya, memang itulah sifat uang, itulah fakta unik tentang uang, bahwa uang bisa membuat manusia lupa, dan ketika kita tidak punya uang, justru kita yang dilupakan oleh orang-orang.

Baca juga: Ingin Kaya? Miliki 4 Sifat Ini Agar Uang Datang dengan Sendiri

Inilah 5 fakta unik terkait dengan uang. Mudah-mudahan kita bisa menjadi bijak dan introspeksi diri dalam bagaimana kita berhubungan dengan uang.